Info Kesehatan

MANFAAT DAUN SELEDRI

Daun seledri memiliki kandungan tinggi vitamin A, sementara batang merupakan sumber vitamin B1, B2 B6 dan C dengan pasokan kaya potasium, folat, kalsium, magnesium, besi, fosfor, natrium dan kandungan asam amino ensensial yang tinggi. Nutrisi yang terkandung di dalam seledri akan bekerja secara optimal ketika anda membuatnya menjadi jus. Natirum organik alami yaitu garam dalam seledri sangat aman untuk dikonsumsi dan sangat penting untuk kesehatan tubuh termasuk ginjal. Bahkan untuk anda yang mengalami gangguan dengan kestabilan darah seperti hipertensi masih aman untuk mengkonsumsi natrium yang terkandung di dalam seledri. Manfaat seledri selalu dikaitkan dengan menurunkan tekanan darah padahal seleri juga dapat membantu anda dalam menjaga fungsi ginjal. Manfaat daun seledri salah satunya adalah sebagai pembersih organ ginjal bekerja setiap hari tanpa henti untuk menyaring segala kotoran, racun dan zat-zat yang tidak terpakai untuk selanjutnya dibuang saat kita buang air besar.

Cara Mengolah daun seledri untuk membersihkan ginjal juga cukup mudah berikut ini beberapa Cara mengolah daun seledri :

1. Mencuci 1 ikat daun seledri hingga bersih lalu dipotong kecil-kecil dan direbus dalam air selama 10 menit.

2. Setelah didiamkan hingga dingin, saring daun seledri dan masukkan kedalam botol bersih dan simpan dalam lemari es.

3. Ramuan ini diminum 1 gelas setiap harinya dan akan terasa bagimana khasiat dari ramuan daun seledri ini karena akan membuang kotoran dan racun yang menumpuk melalui air seni.

Daun seledri memang merupakan pembersih terbaik untuk organ ginjal. Air seni yang keluar akan membawa garam dan juga racun terakumulasi dalam tubuh akibat fungsi penyaringan ginjal sehingga kesehatan ginjal akan tetap terjaga.

Selain itu dikatakan bahwa daun seledri juga bermanfaat dalam mencegah penyakit seperti batuk, alergi, reumatik, tekanan darah tinggi dan juga mata kering atau xeroftalmia. Bahkan daun seledri bisa digunakan dalam perawat kecantikan yaitu pembersih wajah berminyak.

Betapa besarnya manfaatnya daun seledri, namun sayangya hanya sedikit orang yang tahu manfaatnya sebagai cara alami cuci ginjal. Karena sekarang kita sudah mengetahuinya, tidak salah nya kan kita menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari? Daripada mengeluarkan uang banyak untuk ke dokter, bukankah ramuan daun seledri ini cara yang paling murah?


BERAPA BUAH DAN SAYUR YANG HARUS DIKONSUMSI ?

Apakah saudara sudah makan buah dan sayur setiap hari? Ya, anjuran untuk makan buah dan sayur pasti sudah sering saudara dengar sebelumnya. Bahkan saudara mungkin telah menerapkannya, dengan menambahkan sayur dalam menu makan serta makan buah sebagai camilan. Tapi, seberapa banyak yang saudara makan? Apakah sudah sesuai dengan ketentuan yang seharusnya?

Berikut adalah panduan porsi makan buah dan sayur yang tepat :

Porsi makan buah
Dalam sehari, saudara harus mengonsumsi buah sedikitnya 150 gram buah. Dalam 150 gram buah tersebut saudara bisa mendapatkan 150 kalori dan 30 gram karbohidrat. Satu porsi buah setara dengan satu buah apel merah kecil, atau sebuah jeruk medan sedang, atau satu potong melon, atau satu buah pisang ambon kecil. Saudara dapat membagi jatah buah menjadi beberapa kali makan, entah itu dibagi menjadi tiga kali atau lebih. Misalnya, saudara memutuskan untuk menghabiskan jatah buah dalam tiga kali makan, maka saudara bisa makan buah satu porsi dalam sekali makan. buah pun bisa mengganti-ganti jenis buah yang saudara makan, semakin beragam buah yang dimakan akan semakin baik gizinya.

Porsi makan sayur
Sayur memiliki porsi yang lebih banyak, saudara harus menghabiskan sayur setidaknya 250 gram  atau setara dengan dua setengah porsi. Bingung dengan perhitungan satu porsinya? Begini, satu porsi sayur sama saja seperti satu gelas belimbing sayur yang sudah dimasak dan ditiriskan airnya. Saudara dapat membaginya menjadi tiga kali waktu makan. Misalnya, di pagi hari mengonsumsi setengah porsi sayur, siang makan satu porsi, dan malam hari menghabiskan satu porsi sisanya. 100 gram atau satu gelas sayur bayam, kangkung, terong, kol, kembang kol, brokoli, dan buncis, mengandung 25 kalori, 5 gram karbohidrat, dan 1 gram protein. Sedangkan untuk bayam merah, daun melinjo, nangka muda, daun singkong, dan daun pepaya memiliki kalori yang lebih tinggi dalam ukuran 100 gramnya, yaitu sekitar 20 kalori, 10 gram karbohidrat, dan 3 gram protein. Namun, bisa bebas makan ketimun, selada air, lobak, atau jamur kuping, karena jenis sayuran tersebut tidak memiliki kalori.

Kenapa porsi makan buah lebih sedikit ketimbang porsi sayur ?
Kenapa sayuran harus dimakan lebih banyak, sementara konsumsi buah hanya secukupnya saja? Gula yang ada di dalam buah disebut dengan fruktosa, salah satu jenis karbohidrat sederhana yang dapat meningkatkan gula darah. Semakin matang buah, maka akan semakin tinggi jumlah fruktosa dan glukosanya, sehingga menimbulkan rasa yang manis. Untuk beberapa kelompok orang – seperti penderita diabetes mellitus – hal ini harus diperhatikan sebab mengonsumsi buah yang sangat manis bisa membuat gula darahnya naik dengan cepat.

Bukan berarti makan buah tidak baik, tetapi sebaiknya mengikuti anjuran porsi makan buah dan sayur yang sudah ditentukan – bagi orang yang normal dan sehat. Jika mengalami suatu kondisi medis tertentu, maka mungkin saja porsi makan buah dan sayur akan berbeda dengan orang yang sehat.


MANFAAT OKRA BAGI KESEHATAN

Sumber Antioksidan yang Baik : Makanan yang kaya akan antioksidan bisa membantu mencegah kanker, penyakit jantung,  penuaan dini, dan berbagai kondisi kesehatan lain. Okra banyak mengandung zat antioksidan seperti quercetin, katekin, epikatekin, dan procianidin.

Menyehatkan pencernaan : Okra berserat tinggi, merupakan zat yang banyak disarankan oleh ahli kesehatan agar diasup sebagai diet seimbang yang penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat penting untuk membantu proses pencernaan dengan cara melancarkan proses buang air besar yang tepat.

Mencegah dan mengendalikan gula darah pada diabetes : Memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga membantu dalam pencegahan penyakit diabetes. Meningkatkan asupan serat pangan telah menunjukkan meningkatkan kontrol glikemik yang lebih baik dan meningkatkan sensitivitas insulin sehingga bisa mencegah diabetes.

Menurunkan Kolesterol : Makanan yang memiliki kandungan serat dan antioksidan yang tinggi sangat dianjurkan bagi penderita diabetes, karena membantu menurunkan kolesterol. Dalam hal ini Okra adalah makanan yang tinggi antioksidan dan serat. Menurut para ahli di American Health Association, penderita diabetes lebih cenderung memiliki kadar kolesterol yang  tidak sehat. JIka kadar kolesterol tinggi yang berkombinasi dengan diabetes, maka hasilnya kedepan bagi kesehatan tidak akan baik. Itulah mengapa sangat penting untuk memastikan bahwa diet Anda memiliki kadar kolesterol yang sehat.

Mengatasi rasa kelelahan : Jika Anda adalah seorang pekerja keras, maka kemungkinan sudah akrab dengan rasa lelah akibat kesibukan yang padat setiap hari. Untuk meningkatkan percepatan pemulihan dari kelelahan, maka Anda bisa makan Okra.

Mencegah cacat lahir untuk bayi : Folat termasuk dalam kelompok vitamin B kompleks yang banyak terdapat dalam okra,  bermanfaat mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir. Jadi, okra baik bagi wanita selama masa prakonsepsi atau kehamilan.

Mengendalikan Asma : Asma adalah penyakit alergi pada pernafasan menahun,  juga bisa diobati dengan memasukkan okra kedalam makanan Anda. Orang terdiagnosa  asma sangat disarankan untuk mengkonsumsi okra.

Mencegah Sembelit : Hal ini berkaitan dengan kandungan serat tinggi pada okra, yang membantu penyerapan air yang tepat dalam usus sehingga kotoran lebih lembek dan mudah dikeluarkan sehingga mencegah sembelit.

Mencegah Kanker Usus Besar : Banyak ahli mengatakan bahwa semua penyakit dimulai dari usus besar. Dengan menambahkan okra sebagai bagian dari dieta Anda maka akan mencegah kanker usus besar dan sebagian besar penyakit terkait lainnya. Mencegah kegemukan Sering makan Okra baik dalam bentuk mentah ataupun dimasak, Anda akan terhindar dari masalah kelebihan berat badan. Namun tentu saja perlu dibarengi dengan olahraga cukup dan konsumsi makanan dengan diet  seimbang.

Mencegah Kolesterol Tinggi : Kandungan serat yang tinggi dari sayuran ini akan membantu menghambat penyerapan kolesterol diusus, sehingga pada akhirnya akan mencegah penyakit jantung dan penyakit yang terkait kolesterol. Kolesterol tinggi merupakan faktor yang paling dominan memicu obesitas dan penyakit jantung.


MANFAAT DAUN BINAHONG

Daun binahong dipercaya memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan suatu penyakit.

Beberapa kandungan penting daun binahong tersebut adalah :

  • Saponin : Merupakan senyawa aktif yang menyerupai sabun dan terdapat pada permukaan daun binahong. Pencairan dan pelarutan dari senyawa ini akan memberikan hasil sebagai zat pelindung tubuh yaitu zat anti bakteri, anti mikroba dan anti virus.
  • Minyak Atsiri : Minyak ini memiliki banyak manfaat seperti sebagai obat antiseptik alami baik penggunaan dari dalam atau luar tubuh. Selain itu minyak atsiri juga berfungsi sebagai bahan hemolitik, sedative, analgesic, enzimatik dan stimulant.
  • Alkaloid : Merupakan zat yang mempunyai sifat hipoglikemik. Zat ini diperlukan bagi para penderita diabetes karena mempunyai fungsi sebagi penurun kadar gula dalam tubuh.
  • Asam askorbat : Salah satu zat dalam daun binahong yang sangat berguna pada penyembuhan luka bakar atau luka luar. Ketika terkena luka maka kemungkinan juga akan terkena infeksi pada luka tersebut, disinilah fungsi dari asam askorbat. Senyawa tersebut akan mempercepat penutupan luka sehingga mencegah terjadinya infeksi.
  • Antioksidan : Merupakan zat yang berperan penting dalam memerangi zat karsinogen dari radikal bebas yang ada di dalam tubuh dan mencegah terjadinya kanker.
  • Asam oleanolic : Merupakan senyawa yang berperan sebagai anti peradangan atau inflamasi. Dengan adanya zat ini bisa membantu untuk mengurangi rasa sakit saat terjadi luka.

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun binahong dan pegolahannya sebagai penyembuhan penyakit dan penyembuhan luka : 

  • Mengobati penyakit kanker : Daun binahong mengandung banyak anti oksidan yang dapat mencegah radikal bebas pembentuk kanker. Kemudian ada juga vitamin C atau asam askorbat yang bisa memberikan ketahanan tubuh. Cara membuat ramuan binahong untuk kanker adalah dengan merebus 30 gram daun binahong didalam 1 liter air mendidih. Rebus sampai air tersebut berkurang dan tersisa kira-kira 600 ml. Air rebusan tersebut diminum sebanyak sehari 3 kali dengan dosis 200 ml setiap kali minum
  • Mengobati sakit maag : Kandungan daun binahong juga dapat menyembuhkan sakit maag. Ramuan untuk sakit maag ini dengan merebus 3 gelas air dan 5 – 7 lembar daun binahong. Air rebusan yang sudah matang diminum sebanyak 3 kali sehari sebelum makan
  • Mengobati sakit paru-paru : Untuk mengobati penyakit paru-paru dengan mengkonsumsi air rebusan daun binahong. Ambil sepuluh lembar daun binahong dan rebus hingga mendidih. Minum air rebusan tersebut dan untuk mendapatkan penyembuhan yang maksimal usahakan untuk setiap hari mengkonsumsinya.
  • Mengobati luka : Daun binahong memiliki kandungan minyak atsiri dan asam arkobat yang sangat berguna untuk menutup luka dan memberikan antiseptic alami. Caranya dengan menumbuk beberapa daun binahong sampai halus, setelah itu oleskan ke bagian luka atau tubuh yang bengkak. Oleskan setiap hari secara teratur sampai luka atau bengkak tersebut sembuh. Cara pengobatan ini juga bisa digunakan jika terkena memar akibat dipukul, akibat luka bakar, pegel linu, rematik dan nyeri sendi. Jika lukanya termasuk berat seperti terkena benda tajam atau terbakar, maka setelah dioles dengan tumbukan binahong luka harus ditutup dengan perban atau kain bersih agar tidak terkena bakteri dari luar
  • Gegar otak : Untuk penyakit akibat gegar otak dapat membuat ramuan binahong dengan cara mengambil sekitar 10 lembar daun binahong dan cuci sampai bersih. Rebus air sebanyak 2 gelas dan daun binahong tersebut hingga mendidih. Setelah itu saring hasil rebusan tersebut dan minum sebanyak 2 kali dalam sehari.
  • Mengobati disentri : Untuk mengobati kelainan buang air besar ini bisa dengan membuat ramuan binahong dengan merebus 10 lebar daunnya yang sudah dicuci bersih. Rebus daun tersebut bersama dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa air rebusan hanya sekitar 1 gelas saja. Minum air tersebut dan lakukan treatment ini setiap hari sampai disentrinya sembuh.
  • Ambeien berdarah : Bagi penderita ambeien yang sudah pada tahap pendarahan bisa mencoba ramuan ini sebagai langkah herbal. Ambil daun binahong sebanyak 16 lembar dan cuci bersih. Rebus daun tersebut dengan air sebanyak 3 gelas, rebus hingga mendidih dan airnya tersisa sekitar 1 gelas. Minum air rebusan daun binahong setiap hari untuk mendapat kesembuhan total.

Selain manfaat diatas, daun binahong juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk penyakit kencing manis, radang ginjal, darah rendah, patah tulang, mimisan, usus bengkak, gusi berdarah, batuk atau muntah darah dan penyakit lainnya. Selain itu juga bisa digunakan sebagai ramuan terapi bagi ibu yang selesai bersalin dan untuk mengembalikan nafsu makan yang hilang. Yang perlu diingat adalah ketika menjalani terapi dengan meminum ramuan binahong harus diimbangi pula dengan meminum air putih agar air rebusan binahong tidak mendominasi cairan didalam tubuh.

Daun binahong yang dipilih untuk dijadikan ramuan juga harus diperhatikan. Usahakan untuk memilih daun binahong yang tidak terlalu muda tapi tidak terlalu tua juga. Bisa dengan mengambil daun di urutan ke – 4 sampai ke – 7 dari pucuknya. Daun binahong yang tua maka kadar senyawa aktif yang berguna bagi tubuh sudah berkurang. Kemudian air rebusan daun binahong jangan disimpan di kulkas atau dihangatkan kembali karena kandungan senyawanya bisa rusak. Simpan air rebusan tersebut di lemari atau tempat yang bersuhu kamar. Meskipun daun ini memiliki banyak manfaat namun jangan overdosis juga mengkonsumsinya. Perhatikan aturan ramuan karena berlebihan meminum rebusan daun binahong bisa mengganggu fungsi ginjal dan hati.


MAKANAN TERBAIK UNTUK OTAK

Menjadi bagian terpenting bagi tubuh, otak menjadi pusat dari semua aktivitas manusia. Oleh karena itu, otak memerlukan asupan makanan sehat untuk membuatnya bekerja optimal.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang berguna bagi kesehatan otak : 

Vitamin B Kompleks
Kelompok vitamin B kompleks terdiri dari delapan vitamin berbeda. Konsumsilah makanan atau multivitamin yang mengandung vitamin B kompleks, yang membantu meningkatkan fungsi otak. Vitamin ini membantu tubuh mengkonversi kolin, yaitu asam amino yang ditemukan dalam sumber makanan menjadi asetilkolin, yaitu neurotransmiter kimia yang membantu dalam memori dan proses belajar. Vitamin B kompleks banyak terdapat dalam kentang, biji-bijian, brokoli, bayam, jamur, pisang, berbagai produk olahan kacang kedelai, telur dan kacang almond.

Gandum Utuh
Gandum utuh seperti roti gandum, oatmeal, beras merah, dan millet merupakan makanan sumber energi utama untuk tubuh dan otak. Makanan ini bekerja untuk meningkatkan aliran darah ke otak yang berarti menunjang kualitas dan kuantitas fungsi otak. Biji-bijian ini juga mengandung banyak vitamin B6, yang penuh dengan tiamin. Tiamin sangat bagus untuk siapa pun yang berusaha untuk meningkatkan daya ingat.

Asam Lemak Omega 3
Untuk memiliki memori dan konsentrasi yang tajam, konsumsilah makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 yang mampu mengontrol depresi dan stres. Pastikan untuk selalu mengonsumsi minyak ikan, minyak zaitun, bawang putih, ikan tuna, kalkun, salmon, telur, nasi, sereal, dan pasta.

Karbohidrat
Makanan seperti beras merah, apel, pisang, kismis, biji-bijian, dan kecambah, mengandung karbohidrat. Tubuh mengubah karbohidrat kompleks dalam makanan menjadi glukosa, kemudian tubuh akan menggunakannya sebagai bahan bakar untuk meningkatkan kewaspadaan, fungsi memori dan konsentrasi.