Home

PESAN MINGGU INI

MENGALAHKAN KETAKUTAN

Kisah Para Rasul 12:11 “Dan setelah sadar akan dirinya, Petrus berkata: “Sekarang tahulah aku benar-benar bahwa Tuhan telah menyuruh malaikat-Nya dan menyelamatkan aku dari tangan Herodes dan dari segala sesuatu yang diharapkan orang Yahudi.”

Herodes adalah sosok penguasa yang ketakutan kehilangan kedudukan dan melakukan apa saja untuk mempertahankan dan mengamankan kedudukannya. Itulah sebabnya dia sangat terganggu dengan pertumbuhan gereja yang sangat pesat. Dia pun berusaha menghambat pertumbuhan gereja. Sebagai seorang politisi kawakan dia mengetahui cara yang tepat untuk menghambat pertumbuhan suatu gerakan yang memberi dampak yang sangat besar kepada masyarakat. Herodes menyuruh algojonya membunuh Yakobus dengan pedang dan memenjarakan Petrus. Dua hal yang membuat para jemaat ketakutan. Herodes sangat paham bila ketakutan adalah merupakan keadaan yang mampu melumpuhkan suatu kegerakan atau gerakan massa. Herodes memperoleh dua keuntungan yaitu, dia berhasil menyenangkan hati orang Yahudi sekaligus membuat orang percaya ketakutan. Raja Herodes pun merasa nyaman dan kedudukannya akan tetap aman.

Sikap orang percaya meghadapi situasi yang menakutkan itulah yang cukup menarik untuk dipelajari. Dua orang pemimpin mereka dibunuh dan dipenjarakan. Pembunuh Yakobus bebas saja berkeliaran yang bisa membunuh orang percaya kapan saja dia mau sedangkan rasul Petrus dijebloskan ke dalam penjara tanpa melalui proses pengadilan. Ternyata orang percaya bukan lari karena ketakutan melainkan jemaat dengan tekun mendoakannya. Allah mengijinkan Yakobus saudara Yakobus saudara Yahanes mati tetapi mengutus malaikat untuk menyelamatkan Petrus. Yakobus memperoleh anugerah kehormatan menjadi rasul pertama mati syahid untuk Kristus, sedangkan Petrus dilepaskan dari penjara untuk melanjutkan pemberitaan Injil.

Jemaat mengalahkan ketakutan dengan cara tekun bersekutu dalam doa. Tentu saja jemaat mendoakan Yakobus dan Petrus. Bila Petrus diselamatkan dan Yakobus harus mati dua-duanya adalah jawaban Allah pasti benar, tetapi hal ini adalah merupakan rahasia Allah. Jemaat menerima jawaban Tuhan dengan sikap tunduk tanpa berbantah-bantah. Jemaat tidak dikuasai ketakutan melainkan berhasil berhasil mengalahkan ketakutan. Petrus yang menyadari dirinya telah dilepaskan malaikat utusan Tuhan dari penjara segera hadir ditengah umat yang terus tekun bersekutu dalam doa. Petrus mengagumi karya Yesus atas dirinya juga atas jemaat. Herodes yang tak berhasil menghentikan Petrus sangat marah kepada pengawal dan tanpa rasa kemanusiaan dia membunuh belasan pengawal-pengawal yang tak bersalah. Kuasa dunia akan selalu menebar ketakutan dan hanya bertekun dalam doalah yang mampu mengalahkannya. (MT)
Minggu 05 Juli 2020


[Pesan Mingguan 2020 Selengkapnya]

[Pesan Mingguan 2019]