Home

PESAN MINGGU INI

ALKITAB ITU SEMPURNA

2 Timotius 3:16 “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran”.

Setelah membaca Alkitab dari Kejadian sampai Wahyu, seorang remaja Kristen yang cerdas membuat pernyataan. Komunikasi umat beriman dengan Allah jauh lebih enak dan indah pada zaman Perjanjian Lama daripada zaman akhir ini. Alasannya adalah di zaman Perjanjian Lama Allah memberi firman-Nya langsung. Seperti zaman Keluaran, Allah menuntun umat-Nya melalui tiang api dan tiang awan. Jadi sangat jelas arah tujuan mereka melangkah. Mereka tahu jelas kapan mereka berhenti dan kapan mereka harus maju. Pada zaman para nabi pun Allah langsung berfirman melalui para nabi untuk disampaikan kepada umat. Jadi sangat komunikatif dan spesifik sehingga mudah ditaati dan pesannya mudah dilakukan. Kalau sekarang kita harus membaca Alkitab yang sangat tebal. Terkadang menentukan bagian mana dulu yang dibaca cukup membingungkan. Belum lagi bahasanya tidak mudah dipahami karena selain mengerti sejarah, kita pun harus mampu mengambil arti dan pesan Alkitab melalui sejarah tersebut. Belum lagi banyak bersifat perumpamaan dan lambang yang membutuhkan pemikiran yang mendalam sulit bukan? Betul juga pemikiran remaja kristen yang baik ini bila dipikir hanya sekilas saja. Tetapi bila dipikir dan dipahami secara terang benderang, maka sesungguhnya zaman modern ini justru berhubungan dengan Allah itu jauh lebih komunikatif.

Anak muda seperti Timotius tentu sangat setuju dengan gurunya Paulus. Alkitab mempunyai manfaat yang lengkap dalam membangun hubungan dengan Tuhan padahal pada zaman Timotius Alkitab belum disatukan, hanya bagian-bagian tertentu saja dan itu pun sangat sulit untuk didapatkan.

  • Zaman sekarang kita mempunyai Alkitab yang lengkap dan sangat mudah didapatkan.
  • Alkitab itu cukup untuk mengajar dan mendidik dalam kebenaran.
  • Alkitab juga cukup untuk memberitahukan kesalahan.
  • Akitab juga adalah standar moral yang memberi kesempatan kepada kita untuk terus belajar. Bila kita menemukan diri tidak sesuai dengan Alkitab diberikan pula kesempatan untuk bertobat dan berusaha lagi untuk mentaatinya.

Jadi para sobat pembaca Alkitab yang setia! Jelas bukan? Justru zaman now hubungan kita dengan Allah justru lebih komunikatif melalui tuntunan Alkitab. Jadi bersyukurlah dengan Alkitab yang saudara miliki. Bacalah sebagai pedoman hidup kita setiap hari Dan lakukanlah! Haleluya. (MT)
Minggu 23 February 2020


[Pesan Mingguan 2020 Selengkapnya]